일요일, 5월 15, 2005

mo curhat niyh....


yo yo yo!
lagi pengen curhat nih gw…

darimana yah mulainya? okeh dari sini aja..
gw dipercayakan ama Tuhan -dan tentunya semua temen2 rbk- buat jadi ketua rbk sejak mei tahun 2004 lalu.
saat itu gw dgn optimis menerima, dan yakin seyakin-yakinnya kalo gw pasti bisa dan dgn sombongnya gw bilang dalam hati bahwa gw pasti bisa memajukan rbk.dalam pikiran gw saat itu, apa susahnya sih cuma jadi ketua rbk? bukannya biasanya ketua tuh cuma pusing2 ambil keputusan, tapi toh gw punya team, punya pengurus2 yg laen yg bakal ngejalanin program2nya.
gw cuma membantu mereka aja. bukan soal yg sulit lah. gitu doank koq.

dan pendek cerita masa kepengurusan uda 7 bulan lamanya -ketika desember 2004-. ga ada perubahan. rbk ga tambah maju.
malahan banyak jemaat ato pengurus yg mulai mundur. gw berpikir. siapa yang salah? emangnya salah gw? betapa bebalnya gw.
gw merasa ga pernah menyakiti orang. gw merasa semua orang seneng sama gw. pede bgt ya gw? entah itu kelebihan ato kekurangan gw.
yang pasti sampe akhirnya Tuhan mengajarkan hal yang berharga bgt buat gw.

kali itu, gw bener2 ngerasa ga punya sahabat. temen emang banyak, tapi ga ada sahabat lagi. mereka sepertinya kecewa dgn gw. gw baru sadar betapa jahatnya gw. gw melukai temen2 gw dgn mulut gw sendiri. gw menyakiti hati temen2 gw dgn pikiran2 bodoh gw.
sampe akhirnya gw merasa kehilangan. belom pernah gw merasa begitu kehilangan. mereka -semua sahabat&temen2 gw- adalah keluarga gw,
saudara gw, orang2 yg selalu ada di hati gw. dan gw telah mengecewakan mereka.

hal itu sudah membuat gw cukup depresi. konsep diri gw yg selama ini bagus di mata gw sendiri, rusak berantakan. masih ditambah lagi dgn dosa yg gw buat sendiri. dosa yg rasanya ga bisa lepas dari kehidupan gw saat itu. dosa yg selalu gw sesali tapi selalu gw ulangi. di saat itu,
gw bener2 dalam keadaan terpuruk. gw merasa Tuhan begitu jauh dari gw. gw merasa ga ada pertolongan yg dateng buat nolongin gw.
memang.. gw ga minta tolong sama temen2 gw, bahkan utk curhat aja udah engga. gw sibuk dgn urusan org lain. gw sibuk dgn kuliah gw.
gw sibuk dgn pelayanan gw tiap minggu. gw sibuk bersenang2 dgn temen2. entah sibuk, ato menyibukkan diri. tapi dari kesemuanya itu, hati gw hampa (lagunya ari lasso banget kan?=p). ga ada damai sejahtera. ga ada sukacita yg sesungguhnya. ga ada pengendalian diri.
waktu itu, gw tetep berdoa sama Tuhan. rutin. tapi kosong. Tuhan tetap terasa jauh dari gw.

sampe suatu saat, Tuhan ubahkan gw. ubahkan dan pulihkan gw. tau kapan? gw juga engga tau. gw ga tau kapan persisnya Tuhan ubahkan gw.
yg saat ini bisa gw inget, gw mulai membuka hati gw utk ditegur ama Tuhan. gw baca buku Purpose Driven Live, karangan Rick Warren.
bukan promosi, tapi di hari pertama gw baca buku itu, gw ditampar ama Tuhan. seringkali kita terlalu memfokuskan kehidupan hanya pada diri kita sendiri. betapa egoisnya kita! tiap hari yg kita pikirin : ntar gw makan apa, ntar nilai gw gmn, ntar gw pulang ama sapa, ntar gw..., ntar gw...,
yeah..wajar bgt kita mikirin itu,man! karna kalo bukan kita, sapa lagi yg mo mikirin hidup kita sendiri. tapi, apa kita pernah mikirin kehidupan org lain?
apa kita pernah berpikir, sebenernya apa sih tujuan kita hidup itu? nah mulai dari situ, gw dituntun ama Tuhan utk tau tujuan hidup gw.

ketika gw selesai baca buku itu, heran!masalah gw juga ikut selesai.bukan buku itu yg menyelamatkan gw! bukan diri gw jg yg menyelamatkan gw!
pasti kalian semua tau jawabannya, Tuhan yg menyelamatkan gw. Tuhan yg membuat gw berubah. dulu, gw selalu menantikan Tuhan mengubahkan hidup gw dgn cara yg hebat, luar biasa, spektakuler, keren. tapi ternyata Tuhan mengubahkan gw dgn cara yg sangat sederhana. yg bahkan gw ga tau kapan pastinya. tau2 berasa hidup itu begitu indah. walopun byk masalah, byk hambatan, byk rintangan. hidup tetep terasa indah.

apa rahasianya? hehehe. ini yg pgn gw bagiin : sediain hati itu yg paling pertama. gmn mau direparasi, kalo 'barang'nya aja ga dikasiin ke Tukang Reparasi-nya.
lalu buka hati. kalo kita masih ragu2 n ga percaya ama Tukang Reparasi-nya, gimana Dia mao ngebenerin? seringkali kita bilang, kita mo serahin semuanya ama Tuhan. pertanyaan gw "are you sure?". serahin yg kaya gmn yg lu maksud? "nih Tuhan, hati gw, tolong dibenerin yah, tapi jgn pake alat2 yg bikin sakit yah." atau "nih Tuhan, hati gw,tolong dibenerin yah,....eh eh eh Tuhan,kalo cuma itu doank sih gw bisa,sini..sini...gw aja" ato "nih Tuhan, hati gw,
tolong dibenerin yah, terserah mo pake apa juga, terserah mo diapain ama Tuhan.gw percaya kow hati gw pasti beres kalo udah ama ahlinya. kalo Tuhan butuh bantuan, panggil saya ya." hmmm,mungkin gw kurang pinter -ato malah ga pinter- bikin perumpamaan. tapi yahhh pada ngerti kan maksudnya?

seringkali kita pengen hati kita diubahkan, tapi gw mau ngalamin sakit, ga mau susah, ga mau komitmen, ga mau ngalamin yg pait2. gimana donk?
padahal itu caranya Tuhan biar kita itu "naik kelas", biar kita itu tambah dewasa, biar kita itu diubahkan. contoh kecil aja.
A :"gw mo berubah nih Tuhan. gw janji. Tuhan tolong yaaaa. " .............
beberapa hari kemudian..
B :"eh man! dateng persekutuan doa nyok."
A :"males man!gw lagi pusing neh. lu tau kan si Coki, dia nyakitin gw lagi. bete gw jadinya."
=woy!!! coki nyakitin lo, apa hubungannya ama dateng persekutuan doa????=

ga nyambung ya contohnya.hehehe. maksud gw. kalo kita mo diubahkan, penting juga buat mendisiplinkan diri kita. komit sama hal2 yg bisa membangun diri kita. jgn kalo ada masalah, malah semakin menjauhkan diri dari persekutuan donkz. alesannya sih, "percuma jg gw dateng ke gereja,kalo hati gw ga disana".
yup! bener banget. tapi kalo gw berprinsip, gw akan "memaksakan" gw dateng dan menyediakan hati, serta membuka hati gw. maka, ketika gw pulang dari gereja,
gw sudah bukan gw yg sama ketika gw dateng. gw pasti dapet kemenangan!!! serius!! gw ga boong.

lalu,jgn cuma mau denger, dan dapet yg enak2 doank.begini nih, "dateng gereja yuk.." "kagak ah,kotbahnya terlalu formal, gw ga ngerti dia ngomong apaan"
atau "kagak ah,itu mah buat om-om dan tante-tante"... yah gimana seh? katanya mau diajar biar jadi dewasa.tapi maunya denger2 yg enak didenger.
kotbah yg lucu2. duhhhh..kapan naik kelasnya???

Huah, setelah panjang lebar…pada akhirnya biarlah kita semua memberi diri utk dibentuk ama Tuhan, sehingga masa muda kita bagai rajawali yang terbang siap menantang badai karena ada Induk rajawali yang selalu mau mengajar kita.

huaaaahhh...setelah2 gw melihat ke atas.ternyata panjang jg curhatan gw. curhat ato kotbah kali gw?
ga, sebenernya gw pgn kesaksian aja, dan gw pgn membagikan apa yg bisa gw bagi buat temen2.
be strong!

0 Comments:

댓글 쓰기

<< Home